Berita Utama

PBPDBI PERIODE 2017 - 2021 RESMI DILANTIK

PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN PBPDBI 2017 - 2021

irwanto | Rabu, 21 Februari 2018 - 07:59:15 WIB | dibaca: 434 pembaca

Jakarta, 19/2/18. PB PDBI periode 2017 - 2021 telah resmi dilantik oleh ketua umum KONI Pusat Tono Suratman pada hari Senin 19 Februari 2018 bertempat di Hotel Red Top Jakarta, sebelum pelantikan agenda PBPDBI telah melaksanakan Rapat Kerja Pengurus yang dilaksanakan pada hari Minggu 18 Februari 2018.

Ketua Umum PBPDBI Joko Sarwoko dalam sambutannya menyampaikan "Dunia Drum Band/Marching Band telah mengalami perkembangan yang luar biasa pesatnya di dalam 30 tahun terakhir ini. Baik dari sisi teknis musik, visual, bentuk pertandingan maupun dari perkembangan teknologi dan dunia digitalisasi dan lain sebagainya. PB PDBI sebagai inisiator, fasilitator maupun motivator serta regulator bagi perkembanga dunia marching band di Indonesia perlu untuk segera berbenah diri dan melakukan perubahan2 serta transformasi, serta pemahaman dan pendefenisian kembali peranan PDBI agar dapat sejajar terus dengan evolusi dan trend globalisasi yang terjadi saat ini.



Salah satu tantangan kedepan yang perlu untuk terus digaungkan adalah bagaimana caranya agar dunia olahraga dan seni marching band dapat terus di perkenalkan ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia dari tingkat usia PAUD hingga Dewasa, dari Taman Kanak-Kanak, SD, SMP, SMP hingga Universitas juga di kalangan instansi pemerintah maupun swasta, agar dapat tetap menjadi suatu cabang olahraga dan seni yang popular, memiliki nilai sportifitas yang tinggi, dengan tetap  mengandung dan melestarikan nilai budaya Indonesia. Kilas balik perjalanan sejarah olahraga dan seni telah menunjukkan betapa banyak cabang olahraga dan seni yang mengalami tantangan degradasi karena tidak dapat mengikuti perkembangan trend dunia saat ini.

PB mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran PengProv yang selama ini telah melakukan pelatihan2 di tingkat daerah dalam meningkatan sumber daya manusia dibidang kepelatihn

Kedepan PB akan terus mendorong upaya peningkatan kualitas dan kompetensi dan melakukan kordinasi yang terpusat dibidang sistem pelatihan yang berjenjang, terukur dan sudah saatnya dilakukan lebih fokus sesuai dengan element element dan atribut yang ada didalam dunia marching band, seperti music, drill dan visual, serta colour guard. Hal ini semata mata bukan hanya dilakukan untuk sekedar agar terlaksananya pelatihan itu saja, namun juga menyangkut kesiapan sumber daya kita dalam menghadapi era persaingan AFTA (Asean Free Trade Area), menghadapi kemungkinan penetrasi sumber daya manusia dari luar. Disatu sisi AFTA memberikan juga peluang bagi sumber daya kita untuk bekerja diluar negeri

PB akan terus menjalin kerja sama kemitraan dengan pemerintah, yayasan, organisasi, dalam menyelenggarakan kompetisi, pelatihan dan segala bentuk kontribusi tanpa memandang besar kecilnya yang dapat diberikan dalam mendukung dan menciptakan suasana hangat dunia marching band di Indonesia.  Juga tak kalah pentingnya, kami harapkan peranan individual professional, baik dalam maupun luar negeri untuk menjadi narasumber dalam meningkatkan motivasi/skill dan kompetensi insan2 marching band di Indonesia mulai dari jajaran pemain, pelatih ataupun tingkat Juri.

Kejuaraan kejuaraan menjadi salah satu nafas dan aktfitias yang utama dalam pengelolaan kalendar kegiatan PB PDBI. Untuk itu indentifikasi terhadap kejuaraan kejuaraan yang dilakukan dengan menggunakan nama PDBI akan dimonitor pelaksanaanya dengan tujuan pengelolaan waktu pelaksaanan yang terkordinasi. Demikian halnya menyangkut sistem penilaian yang objektif, namun efektif dan efisien dalam pelaksanaannya, akan menjadi perhatian utama dan pokok pembahasan untuk dapat mendukung implementasi pelaksanaan kejuaraan baik di tingkat Kabupaten, Cabang, Propinsi hingga tingkat nasional. Tidak kalah pentingnya sumber daya manusia yang memiliki integritas dalam melakukan penilaian dan kompetensi para juri yang terlibat didalam setiap kejuaraan, akan terus dipantau secara ketat sehingga menjadi masukan bagi PB untuk melakukan evaluasi, pembinaan, perencanaan dan tindakan yang perlu dilakukan kedepannya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman mengatakan cabang olahraga drum band memang sangat ideal diperlombakan di tingkat sekolah. Di tengah kondisi negara kita yang darurat narkoba, darurat korupsi dan intoleransi, drum band diharapkan mampu meminimalisasi kondisi buruk tersebut.

”Jadi dalam drum band ini kita tak hanya bicara prestasi olahraga tetapi lebih dari itu bisa mengakomodir kegiatan generasi muda khususnya kalangan pelajar. Adanya tawuran pelajar bisa dilenyapkan jika di sekolah ada kegiatan yang sifatnya menyenangkan seperti drum band,”

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar