Corps

MB. PUTRI SANTA URSULA

irwanto | Kamis, 23 Agustus 2012 - 01:56:01 WIB | dibaca: 2987 pembaca

Marching Band Putri Santa Ursula

 

 


Sejarah Putri Santa Ursula Marching Brass

Sejarah Putri Santa Ursula Marching Brass yang lebih populer dengan sebutan PSUMB atau Sanur atau Putri Sanur sudah dimulai pada tahun 1960. Secara lengkap kronologi pembentukan, pengembangan dan pembaharuan peralatan sampai pada tahap yang dimiliki saat ini dipaparkan secara lengkap berikut ini.

September 1960
Drum Band Santa Ursula dibentuk untuk pertama kalinya dengan dibantu oleh Pertamina dengan peralatan yang sederhana serta kostum bagi pemainnya. Atas prakarsa Kepala Sekolah waktu itu serta para siswa, mereka menjual perangko keluar negeri dan koran / majalah bekas guna mengumpulkan dana untuk membeli tambahan peralatan.
1965 – 1968
Kegiatan Drum Band terhenti karena peristiwa G 30 S PKI.
1968
Drum Band Santa Ursula dibentuk kembali dan berusaha untuk berswa-karya tanpa kerjasama dengan pihak lain. Bapak Hendy dan Bapak Agus merupakan tokoh penggerak utama dalam membangun kembali Drum Band Santa Ursula. Tak kurang pula peran Suster Francesco yang ikut serta mengusahakan bantuan alat-alat dari luar negeri agar mereka dapat berlatih serta tampil dengan lebih baik.
1986
Drum Band Santa Ursula diubah menjadi Putri Santa Ursula Marching Band. Sesuai dengan perubahan ini, komposisi peralatan disesuaikan secara bertahap sehingga diperoleh perimbangan yang memadai dalam jumlah Horn Line dan Percussion Line.
Selama bertahun-tahun mereka berpartisipasi dalam Grand Prix Marching Band yang diselenggarakan di Jakarta dan selalu memperoleh ranking terhormat dalam kelompok 10 besar dari seluruh peserta.
1989
Atas usulan Bapak Kirnadi yang melatih PSUMB, Suster Francesco sebagai Kepala Sekolah dan Pelindung PSUMB menyetujui untuk pembentukan Persatuan Orang Tua Anggota (POTA) dengan Ketua Umum nya Bapak Iwan Christanto yang diserahi tugas utama untuk membantu dalam masalah Non Tehnis termasuk penggalangan dana guna memperbaharui peralatan PSUMB yang sudah teramat tua dan seringkali rusak. Faktor peralatan ini pula yang merupakan salah satu kendala utama mengapa selama ini PSUMB belum dapat berprestasi sesuai harapan. Selama dua tahun mereka absen dalam GPMB 1989 dan 1990 untuk konsolidasi dan kemudian tampil kembali pada GPMB 1991 dengan menggunakan 80 % peralatan baru seperti Premier untuk percussion dan Selmer, Blessing, DEG Dynasty dan King untuk seksi Horn Line nya.
Sejak tahun ini, Mr. Wil C.Bijl mulai menjabat sebagai Kepala Pelatih PSUMB yang baru dan ikut terlibat secara intensip dengan POTA untuk mulai dengan program rehabilitasi peralatan PSUMB.
Sejak tahun 1990, beberapa anggota PSUMB dikirim ke Canada untuk bergabung dengan Bandettes All Girl Corps selama 3 bulan guna berlatih secara intensip dan ikut kompetisi di Amerika Serikat seperti DCI World Championships yang diselenggarakan secara tetap setiap tahunnya. Anggota – anggota yang pernah dikirim ke Canada sekembalinya di Indonesia kemudian membantu meningkatkan kemampuan rekan-rekannya dengan cara menyalurkan ilmu dan pengalamannya selama berlatih dan bertanding disana.
1991
Setiap tahun, Sekolah menyisihkan sejumlah dana yang kemudian digabungkan dengan hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh POTA untuk menambah peralatan baru yang bermutu baik. Perencanaan pembaharuan dan penambahan peralatan ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan urutan prioritasnya. Juga selalu dipertimbangkan untuk hanya membeli peralatan dengan merk dan mutu yang baik agar dapat bertahan lama.
1992
Tahun ini beberapa alat tiup ditambahkan dari merk Blessing dan Dynasty, antara lain Mellophone, Marching Trombone / Tenor Horn dan Baritone. Untuk seksi perkusi hanya ditambahkan satu buah Vibraphone dan satu buah Xylophone merk Premier.
1993
Beberapa alat tiup ditambah antara lain Baritone dan Contrabas merk Blessing dan Dynasty sehingga jumlah seluruh alat tiup jenis front bell mencapai 72 buah, suatu jumlah alat tiup terbesar dalam suatu kelompok marching band di Indonesia. Bersamaan dengan ini , Putri Santa Ursula Marching Band diubah namanya menjadi Putri Santa Ursula Marching Brass dengan sebutan tetap PSUMB. Untuk seksi percussion ditambahkan Orchestra Chimes yang saat itu cukup langka dimiliki oleh suatu marching band. Juga ditambahkan satu buah Grand Marimba Musser M-300 untuk melengkapi komposisi keyboards yang telah dimiliki.
1994
Tahun ini dibeli beberapa tambahan peralatan untuk memperkaya Front Ensemble. Satu Vibraphone Premier AV-300 dan satu Xylophone SX-350 jenis terbaru dibeli untuk menambah jumlah peralatan di pit section. Juga ditambahkan sebuah Concert Bass Drum 38 inch dan juga satu set Timpani jenis Concert merk Premier yang terdiri dari 4 buah untuk menambah efek produksi suara didepan. Untuk Alat tiup ditambahkan lagi 4 buah Contrabas sehingga seluruhnya berjumlah 12 buah. Empat buah Baritone dibeli sehingga seluruhnya berjumlah 16 buah. Pada tahun ini jumlah seluruh alat tiup yang dimiliki PSUMB berjumlah 100 buah yang terdiri dari seluruhnya alat baru dan sejumlah kecil alat lama, misalnya trumpet buatan Taiwan. Seluruh 100 buah alat tiup ini dimainkan pada akhir pagelaran mereka yang berjudul “The Walt Disney’s Music Extravaganza” pada GPMB 1994.
1995
Tahun ini 4 buah Quint Premier yang lama diganti dengan jenis HTS 284 sehingga peralatan yang dimiliki PSUMB tergolong cukup up to date, sesuai dengan perkembangan model dan jenisnya dari pabrik yang bersangkutan. Empat buah Marching Euphonium merk Kanstul dari Amerika Serikat dibeli untuk mempertebal Low Brass section. Merk Kanstul ini dikenal memiliki kualitas yang prima karena produksi dan proyeksi suaranya yang sangat baik dibanding merk lainnya. Akhirnya diambil suatu keputusan penting bahwa PSUMB secara bertahap nantinya akan mengganti seluruh peralatan tiupnya dari merk Blessing dan Dynasty dengan merk Kanstul.
1996
Empat Mellophone Kanstul dan 8 Baritone Kanstul dibeli untuk nantinya secara berangsur mengganti alat lama merk Blessing. Satu Vibraphone AV-300 dan satu Xylophone SX-350 dibeli untuk mengganti peralatan yang sama dari jenis lama. Dengan demikian komposisi keyboard instruments sudah sejenis dari merk dan type yang sama dan seragam. Satu buah Sun Planet Gong 38 inch dari Paiste ditambahkan untuk melengkapi Day Planet Gong 28 inch yang sudah dimiliki lebih dahulu. PSUMB sangat beruntung memperoleh suatu sponsorship khusus dari Pearl Drums melalui Distributor Tunggalnya di Indonesia, PT. Galestra Inti. Sepatutnya PSUMB juga berterima kasih kepada Bapak Herry Subrata SE, Sales Manager PT. Galestra Inti yang dengan gigih membantu PSUMB untuk mendapatkan kepercayaan dari Pearl Drums. Seluruh Marching Percussion diganti dengan merk Pearl yang terdiri dari 8 buah Snare drum FFX-105, 4 buah Quint PMT-68023 , 5 buah Bass Drum dan 1 buah Concert Bass Drum 40 inch
1997
Seluruh alat tiup kecuali Contrabass diganti dengan merk Kanstul. Duapuluh empat trumpet tipe LBF-470, 8 buah Baritone dan 8 buah Mellophone dibeli langsung dari Kanstul untuk menggantikan alat lama merk Blessing dengan jumlah akhir 72 buah horn. Beberapa concert dan suspended cymbal merk Zildjian ditambahkan untuk front ensemble sehingga dengan demikian pada akhir tahun 1997, program rekomposisi, rehabilitasi dan regenerasi dari seluruh peralatan Putri Santa Ursula Marching Brass telah selesai dilaksanakan.
Untuk tahun-tahun mendatang, Program lanjutan yang akan mulai dilaksanakan adalah Penataan Organisasi, Perawatan Peralatan ,Pengembangan Pelatihan dan Penyempurnaan Tehnik untuk meningkatkan mutu permainan PSUMB.
Putri Santa Ursula Marching Brass organisasi
Kelompok Putri Santa Ursula Marching Brass bernaung dibawah Sekolah Santa Ursula Jakarta, Indonesia yang telah terbentuk sejak tahun 1960.
Organisasi dasarnya terdiri:
Pelindung Marching Brass
Kepala Sekolah SMU Santa Ursula
Pembina Marching Brass
Dipilih dari Para Guru dengan seorang Koordinator
Persatuan Orang Tua Anggota (POTA)
Para Orang Tua Anggota Marching Brass dengan seorang Ketua
Pelatih Marching Brass
Dengan seorang Kepala Pelatih dan terdiri dari
Music Arranger
Brass Caption Head
Percussion Caption Head
Brass Instructor
Percussion Instructor
Drill and Visual Caption Head
Drill and Visual Instructor
Asisten Pelatih / Alumni PSUMB
Badan Pengurus
Dipilih dari anggota Marching Brass yang terdiri dari
Komandan
Wakil Komandan
Asisten Pelatihan
Asisten Peralatan
Kamtib Anggota
Kamtib Perlengkapan
Badan Pengurus Putri Santa Ursula Marching Brass dipilih dari antara anggota yang memiliki kemampuan memimpin dan mengatur rekan-rekannya sesama anggota PSUMB. Periode Kepengurusan dibatasi hanya 1 (satu) tahun dan dipilih kembali melalui suatu prosedur pemilihan yang ketat pada awal tahun ajaran baru bersamaan dengan penerimaan anggota baru PSUMB.
Para anggota baru kemudian dilatih tehnik dasar seperti baris berbaris, memainkan alat tiup serta perkusi, dibantu oleh para anggota senior yang disebut Mentris.

Arena Grand Prix Marching Band

Putri Santa Ursula Marching Brass telah mengikuti kompetisi di GPMB sejak masih bernama Drum Band Santa Ursula dan Putri Santa Ursula Marching Band sekitar tahun ’80 an. Sejak ikut berpartisipasi di GPMB, PSUMB selalu berhasil meraih prestasi yang cukup memadai dan berada dalam kelompok 10 besar diantara para peserta GPMB dari tahun ke tahun.
Kontak Putri Santa Ursula Marching Brass
Putri Santa Ursula Marching Brass dapat dihubungi di alamat Sekolah Santa Ursula atau melalui Bapak Iwan Christanto (Ketua POTA) atau Ibu Lisianawati (Koordinator Pembina) di Jakarta

Pembina :
Robertus
Anton
Darmanto
Meike










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar