Corps

Marching Band Bahana Cendana Kartika Duri Riau

irwanto | Kamis, 23 Agustus 2012 - 01:47:26 WIB | dibaca: 2226 pembaca

 

Marching Band Bahana Cendana Kartika Duri

Sejarah MB BCK Duri Marching Band Bahana Cendana Kartika Duri (MB BCK Duri) berdiri pada 25 September 1999 di Duri, kecamatan Mandau, Bengkalis, Riau. MB BCK Duri merupakan marching band kedua yang didirikan di lingkungan Yayasan Pendidikan Cendana setelah MB BCK Rumbai yang telah berdiri lebih dulu pada 2 April 1987. BCK Duri memiliki arti pada setiap katanya. Bahana diartikan sebagai suara, Cendana merupakan nama yayasan pendidikan tempat para anggota BCK sekolah, Kartika adalah bintang yang menandakan bahwa setiap anggota BCK merupakan bintang-bintang di sekolah, dan Duri adalah nama tempat berdirinya BCK Duri.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan bakat dan keterampilan dalam dunia seni musik, tari, dan koreografi. Wadah ini juga membina anggotanya menjadi pribadi – pribadi yang positif, tangguh, disiplin, berkualitas, dan mampu berorganisasi serta bekerja sama, yang pada gilirannya dapat mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan seperti kasus – kasus narkoba, perkelahian antarpelajar dan segala bentuk negatif lainnya.

BCK Duri merupakan salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Cendana yang memiliki jadwal latihan tiga kali seminggu, yaitu Jumat, Sabtu, dan Minggu di MB BCK Centre, SMP Cendana Duri. Pada awal berdirinya, BCK Duri berbentuk drum band dengan anggota yaitu siswa-siswi SD dan SMP Cendana Duri, tetapi kemudian berkembang menjadi marching band dengan anggota yaitu siswa-siswi SMP dan SMA Cendana Duri. Walaupun begitu, drum band BCK Duri saat ini tetap berdiri dengan anggota dari siswa-siswi SD Cendana Duri.

Di awal kemunculannya, drum band BCK Duri mengikuti kejuaraan Bandung Open Marching Band (BOMB) yang diadakan pada 30-31 September 1999 dan meraih peringkat runner-up Divisi Sekolah. Kemudian, pada tahun 2001, MB BCK Duri untuk pertama kalinya mengikuti Grand Prix Marching Band (GPMB) di Jakarta dan meraih peringkat runner up divisi sekolah. Tahun selanjutnya, yaitu tahun 2002, MB BCK Duri kembali mengikuti GPMB dan berhasil mempertahankan prestasinya meraih runner-up divisi sekolah. Di tahun 2003, MB BCK Duri sempat absen mengikuti GPMB, tetapi kembali mengikuti GPMB di tahun selanjutnya, 2004, dan meraih peringkat tiga divisi sekolah. Pada tahun 2005, MB BCK Duri kembali mengikuti GPMB dan berhasil meraih peringkat satu divisi sekolah, sekaligus peringkat dua secara umum. Tahun 2006, MB BCK Duri mengikuti GPMB dan kembali meraih peringkat satu divisi sekolah. Pada tahun 2007, kembali mengikuti GPMB dan meraih peringkat satu divisi sekolah untuk yang ketiga kalinya sehingga piala presiden juara divisi sekolah bisa tetap tinggal di Duri untuk seterusnya. Tahun 2008, MB BCK Duri absen mengikuti GPMB untuk mengikuti kejuaraan internasional di Malaysia yaitu Kuala Lumpur World Marching Band dan berhasil meraih predikat emas. Selain predikat emas, juga meraih peringkat 2 lomba parade dan peringkat 3 Drum Battle. Lalu pada tahun 2009, kembali mengikuti kejuaraan GPMB dan sekali lagi meraih peringkat 1 divisi sekolah.

Selain mengikuti kejuaraan nasional dan internasional, MB BCK Duri telah menggelar sejumlah pertunjukan, di antaranya adalah penampilan dalam acara MTQ Provinsi Riau di Dumai pada 2005, Petro Cup di Jakarta pada 2006, dan HUT RI di Kantor Gubernur Riau pada Agustus 2008. MB BCK Duri juga sering berpartisipasi dalam acara-acara yang dilaksanakan di lingkungan sekolah, perusahaan, serta provinsi.

Prestasi MB BCK Duri :

-Peringkat 2 Bandung Open Marching Band (BOMB) 1999
-Runner Up GPMB XVII 2001 Divisi Sekolah
-Runner Up GPMB XVIII 2002 Divisi Sekolah
-Peringkat 3 GPMB XX 2004 Divisi Sekolah
-Juara GPMB XXI 2005 Divisi Sekolah
-Juara GPMB XXII 2006 Divisi Sekolah
-Juara GPMB XXIII 2007 Divisi Sekolah
-Predikat emas Kuala Lumpur World Marching Band Competition 9KLWMBC) 2008
-Juara II lomba Parade KLWMBC 2008
-Juara III lomba Drum Battle KLWMBC 2008

Semua pencapaian itu berkat dukungan penuh dari Yayasan Pendidikan Cendana, PT. Chevron Pacific Indonesia, dan Pemda Provinsi Riau.

Susunan Pengurus Pembina :

Penasehat : Presiden Direktur YPC (Yayasan Pendidikan Cendana) Duri-Dumai Riau (Noor Bambang Siswoyo)
Penanggung Jawab : Wakil Direktur YPC Duri-Dumai Riau (Suwarti)
Ketua Pembina : Rizal Haroen

Susunan Kepengurusan Periode 2009-2010 :

Komandan Corps : Fachri Alda
Wakil Komandan Corps : Isti Seprina
Provost : Ferry Martin (koordinator)
Nurul Fitriana
Radhika Firsdela Ratnaningtyas
Bendahara : Triani Wulandari
Sekretaris : Fabiola Marella Pardede
Staff Pelatihan : Gera Rozalia (koordinator)
Wahyuni Mardiono
Ralista Firdany Haroen
Fitrani Kamila
Staff Peralatan dan : Ricky Wira Yudha (koordinator)
Perlengkapan Irfan Budianto
Muhammad Hafizh Ensya
Dicky Afriadi
Dina Maryana
Elvira Kumalasari
Ryan Bonar Tobyas
R. Hasta W.
Donny Pranata
Luthfika Shabrina
Yurike Rizkhika
Staff Kostum : Firsya Diftinanda (koordinator)
Tamia Trosa
Raka Aditya R.
Marshelino Panji
Aliya Mayendra
Ruckie Wa Sholata
Indah Azura
M. Alvin Nazil Febriansyah
Yolla Aprillia
Staff Kesejahteraan : Ari Hidayat (koordinator)
Nurika Ratu
Dina Maria
Lucky Stefano Samuel Situmorang
Agness Evelin Putri
Annisa Dezilia
Lea Lastary Adriyanti
Rangga Dwi Wira
King Panji Islami

Section Leader FC : Wishnu Pamungkas Dewanta
Section Leader Highbrass : Hari Mardani
Section Leader Middlebrass : Cindy Fitri
Section Leader Lowbrass : Satria Anggara
Section Leader Percussion : Inda Ningtyas Yanuwardani
Section Leader Colorguard : Dita Dwi Putri

Tim Pelatih :

Yuli Heryanto (pelatih brass)
Iwan Arif Rakhman (pelatih perkusi & pit instrument)
M. Akbar Rayanto (pelatih colour guard)
Adi Noor Said (pelatih drill & display)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar