Berita Utama

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI

Jokowi resmi jadi presiden ke-7 RI

irwanto | Selasa, 21 Oktober 2014 - 07:32:53 WIB | dibaca: 1294 pembaca

Pelantikan Presiden Jokowi 2014 jadi presiden telah berlangsung pada Senin, 20 Oktober 2014. Joko Widodo akan resmi dilantik sebagai presiden ketujuh Indonesia dalam sidang paripurna MPR di Senayan pada pukul 10.12 WIB.

Jokowi dan Jusuf Kalla telah dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden 2014. Pasangan tersebut memperoleh suara terbanyak sebesar 53,15 persen dari total pemilih. Jumlah ini setara dengan nyaris 71 juta suara, sekaligus mengalahkan pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa (62,5 juta suara).

Kini momen yang ditunggu-tunggu seluruh rakyat Indonesia akan tiba juga. Bertempat di Gedung Nusantara DPR/MPR, Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan diminta mengucapkan sumpah jabatan di hadapan anggota MPR. Dipastikan, para presiden terdahulu, ketua umum partai politik, dan pemimpin serta utusan negara sahabat akan menjadi saksi pembacaan sumpah presiden dan wakil presiden yang baru.

Joko Widodo akan menjadi presiden ketujuh Indonesia dalam sejarah, tanpa menghitung Syafruddin Prawiranegara (presiden PDRI) dan Mr. Asaat (presiden RI ketika terbentuk RIS). Mantan walikota Solo ini akan mengikuti jejak para pendahulu: Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Akan halnya Jusuf Kalla, ia akan menjadi wakil presiden kedua kali. Sebelumnya, pria yang akrab disebut JK ini juga pernah menduduki jabatan wapres pada periode pertama pemerintahan SBY tahun 2004 hingga 2009 lalu.

Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) akhirnya mengucap sumpah jabatan presiden dan wakil presiden. Pengucapan sumpah itu dilakukan pukul 10.25 WIB di Gedung Nusantara MPR, Kompleks Parlemen.

Ucapan sumpah pertama dilakukan Jokowi kemudian langsung disusul dengan JK.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan dengan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturannya. Dengan setulusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Jokowi, Senin (20/10).

Saat pengucapan sumpah, Jokowi dan JK memegang map merah berlogo garuda warna emas. Usai disumpah, tampak Jokowi dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertukar kursi










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar